MAHASISWA KKN UIN TULUNGAGUNG BERIKAN PENYULUHAN EKONOMI

Pemdes Panggungsari_Ekhsan 15 Januari 2024 08:48:25 WIB

PANGGUNGSARI - Rabu (10/01/2024) Menyikapi adanya kemajuan teknologi yang belum begitu diterapkan oleh UMKM di Desa Panggungsari, Divisi Ekonomi Kuliah Kerja Nyata UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung posko 1 Desa Panggungsari, Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek mengadakan Penyuluhan Strategi Dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Desa Panggungsari dengan tema Pengenalan Ekonomi Kreatif dan Pelatihan Pengembangan Produk Kacang Hijau.

 

Kegiatan ini dilatar belakangi keresahan mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung setelah melakukan survei UMKM yang ada di Desa Panggungsari. Ditemukan bahwa mayoritas penduduk Desa Panggungsari banyak yang menjadi petani kacang hijau yang hanya memasarkan hasil panen ke pengepul. Selain itu, banyak pelaku usaha UMKM belum memanfaatkan sosial media sebagai wadah promosi.

 

Atas dasar itulah, kegiatan penyuluhan ini terlaksana dengan diprakarsai oleh mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Addriana Della Nasution, Nadya Lailatul Azizah, Nabila Eka Anggraeni, Rista Firli Efriana, dan diikuti oleh 35 peserta dari ibu-ibu Desa Panggungsari.

Kegiatan penyuluhan ini memberikan pemahaman mendalam tentang konsep ekonomi kreatif dan bagaimana cara menerapkannya dalam berbagai sektor UMKM. Konsep ekonomi kreatif yang diusung adalah bentuk pengembangan ekonomi namun dengan penambahan kreatifitas dalam hal produksi dan distribusi.

 

Penguatan pelatihan dan pendampingan menjadi fokus utama, dengan mengadakan pelatihan di desa Panggungsari. Pelatihan melibatkan berbagai aspek, termasuk manajemen usaha, teknik produksi yang efisien, dan pemasaran kreatif. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan pelaku UMKM desa sehingga mereka dapat mengelola usahanya dengan lebih profesional.

 

Dalam acara ini, peserta KKN Panggungsaari 1, mendapatkan sambutan yang baik  dan ramah oleh Kepala Desa Pangunggsari, yaitu Bapak Heru Sugiono,S.E. dan segenap jajarannya. Dengan di selenggarakannya acara ini, dapat ditemukan solusi untuk kemajuan sektor UMKM Desa Panggungsari.

 

“Penyuluhan ini sangat bermanfaat bagi ibu-ibu rumah tangga agar dapat inovasi untuk lebih produktif lagi kedepannya,” ujar Pak Heru.

 

 

Dokumen Lampiran : MAHASISWA KKN UIN TULUNGAGUNG BERIKAN PENYULUHAN EKONOMI


Komentar atas MAHASISWA KKN UIN TULUNGAGUNG BERIKAN PENYULUHAN EKONOMI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi PANGGUNGSARI

tampilkan dalam peta lebih besar